Tips Tes PAPs UGM Tembus 650

Saya bukan expert tes potensial akademik (TPA) juga bukan orang jenius. Tapi saya yakin jika kita persistent/gigih dalam berlatih, hasil yang kita peroleh tidak akan mengkhianati usaha.

Bicara tentang persyaratan mendaftar studi S2, setiap universitas memiliki persyaratan masing-masing. Salah satu syarat mutlak yang hampir ada di setiap universitas adalah ‘telah mengikuti TPA dengan skor tertentu’.

Universitas biasanya memberi kita beberapa pilihan untuk mengikuti tes potensi akademik, di antaranya: tes yang diselenggarakan universitas secara independen, tes dari BAPPENAS, atau tes yang diselenggarakan oleh HIMPSI. Saya memilih mendaftar di universitas saja yakni di UGM. Kekurangan TPA UGM atau yang dikenal dengan tes PAPs (Potensi Akademik Pascasarjana) ini hasilnya hanya bisa kita gunakan untuk mendaftar di universitas tersebut, sementara TPA OTO BAPPENAS dan TKDA HIMPSI bisa kita pertimbangkan untuk mendaftar ke beberapa universitas (misalnya kamu masih belum yakin mau lanjut studi di mana) atau misalnya kamu punya kekhawatiran tidak diterima di universitas prioritas, kamu bisa gunakan lagi untuk mendaftar di universitas lain, karena masa berlaku TPA rata-rata 2 tahun, sama seperti TOEFL.

Masing-masing TPA punya tingkat kesulitan sendiri. Tapi sebenarnya saya tidak berhak mengatakan ‘tingkat kesulitan’ karena sejatinya kesulitan di sini tidak sempit pada intelegensia saja, namun juga pada bagaimana cara kita memanfaatkan waktu yang ada karena model TPA selalu mengharuskan kita berpikir cepat.

Ada yang bilang tes PAPs UGM lebih mudah dibanding TPA BAPPENAS / tes PKN STAN. Saya sendiri belum pernah mempelajari soal Bappenas jadi tidak bisa membandingkan. Namun dibanding tes PKN STAN, tes PAPs memang lebih mudah.


TIPS

1. Belajar soal-soal TPA, baik dari buku latihan soal atau download gratis dari internet. Saya sendiri ‘hanya’ belajar dari soal-soal TPA di internet. Tapi pastikan soal tersebut dilengkapi dengan kunci jawaban. Tidak harus ada penjelasan karena kita terkadang bisa menemukan ‘cara menjelaskan jawaban’ asal tahu kuncinya.

2. Selalu gunakan penghitung waktu.
Stick to the time. Usahakan setiap mengerjakan soal latihan gunakan 1 menit untuk mengerjakan 1 soal. Jika merasa sudah lewat waktu yang kita tentukan tapi masih yakin bisa mengerjakan soal tersebut, beri tambahan 1 menit lagi. Jika ternyata masih belum menemukan jawabannya, TINGGALKAN karena setiap soal memiliki bobot skor sama meski dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

Banyak yang menyalahartikan 1 soal 1 menit ini. Ada yang bertanya, apakah setiap mau mengerjakan 1 soal kita harus mengecek stopwatch / jam? Tidak. Inilah gunanya berlatih. Latih kepekaan terhadap waktu. Di minggu awal mungkin susah. Memang. Tapi di minggu berikutnya kamu akan mendapatkan feel: bahwa kamu sadar telah berkutat selama 1 menit dengan soal tersebut tanpa harus memerhatikan jam. Jadi selanjutnya kamu hanya tinggal memastikan dengan mengecek waktu tiap selesai mengerjakan 5 atau 10 atau 15 soal tergantung kepekaan kamu untuk memastikan apakah kamu masih berada di jalur.

Jika misalnya kamu baru menyelesaikan 10 soal tapi waktu sudah berjalan 20 menit, pindahlah ke soal 20 untuk mengembalikan feel ‘stick to the time’. Jika kamu punya waktu sisa, silakan kembali ke soal yang kamu tinggalkan tadi. Ini penting karena perasaan ‘waktu sudah hampir habis’ akan sangat mengganggu mental kita dalam mengerjakan soal. Jangan hanya gara-gara diburu waktu kamu melakukan banyak kesalahan. Jangan.

3. Setiap kali selesai latihan, hitung skormu.
Caranya: total jawaban benar dibagi total butir soal, lalu hasilnya dikali 800 (800 adalah skor maksimal tes TPA pada umumnya secara kasar). Jika belum memenuhi target, misalnya targetmu 550, sering-sering berlatih.


Soal Tes PAPs UGM

Soal tes PAPs UGM sebenarnya hampir sama modelnya dengan soal TPA yang tersebar di internet dan di buku-buku latihan soal TPA: seperti tes kemampuan verbal (antonim, sinonim, analogi, dan teks), kuantitatif, dan penalaran. Yang membuat beda terletak pada tes penalaran. Ada sekitar 5 butir soal yang berisi gambar seperti diagram venn berikut:

source.

Saya sendiri belum pernah menemukan seperangkat full contoh soal PAPs UGM yang diupload di internet.

Tapi percayalah pada saya (ehm) kalau kamu sudah terbiasa berlatih soal, stick to the time, dan selalu memperoleh skor latihan di atas target (misal 550), insya Allah skor PAPs-mu jauh melampaui ekspektasi.


HASIL Tes PAPs

No pict hoax ya katanya. Nah biar gak hoax dan gak dimarahin sama kemkominfo, ini

Tembus 650, bisa buat syarat S2 atau S3.

Saya sendiri tidak pernah menyangka bisa melampaui skor temen saya, si wisnupratama hehe (peace). Jujur, saya hanya berekspektasi skor saya lebih dari 550 saja, tidak harus 600 sekian.

Tapi itu sebelum tes. Selesai tes, saya merasakan kepercayaan diri meningkat dan merasa telah melakukan hal yang benar, bahwa usaha yang dilakukan selama ini, latihan yang dilakukan tidak pernah mengkhianati hasil. Atau sebaliknya ya, hasil tidak mengkhianati usaha. Ah, entahlah, intinya mereka tidak akan saling mengkhianati. Gitu. Ok.

Last, jangan pernah berhenti berusaha ya. Kamu.

Baca: Pengalaman Mengejar Skor TOEFL ITP


Bagi yang butuh soal TPA, saya punya dalam bentuk pdf, ada 20 paket (sepertinya). Of course plus kunci. Silakan download di link berikut. Dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar.

Download: http://gdurl.com/VsiT/download

UPDATE : Banyak yang bilang link-nya rusak atau semacamnya, padahal masih bisa. Tolong kalau ada warning warna merah jangan langsung menyimpulkan rusak. Mohon dibaca, itu bahasa inggris artinya gak susah amat kok. 

Ketemu WARNING kayak gini scroll aja ke bawah sampe nemu tulisan warna biru bertuliskan ‘OPEN ARCHIVE’. Nah, itu tombol download warna biru, isinya file size kurang lebih 12MB.

Tombol biru di gambar di bawah Ini yang didownload ya, Sayangku, Manisku, Cintaku, bukan yang ijo gede itu hehe. Maaf, soalnya kalau ada yang kirim email, saya gak jamin bisa balas saat itu juga, padahal kalian perlu cepat kan? Makanya lahirlah tombol download warna biru ini.

Iklan

40 thoughts on “Tips Tes PAPs UGM Tembus 650

    • rizzaumami berkata:

      Kalo psikotes yang tentang kepribadian itu emang susah diprediksi mbak, entah mintanya apa. Kalo skolastik atau itung-itungan yang logis, nah itu baru bisa dijawab dg mantap 🙂

      Suka

  1. Desfortin berkata:

    Ternyta ngambil S2 di UGM ya, keren. Bisa tembus lbh dari 600.

    Setuju bnget, hasil itu setia pada usaha, ia tidak berkhianat.

    Nurut saya juga, gigih+potensi=hasil yg luar biasa, ya gak seh?

    Suka

  2. Puputs berkata:

    Mantaaaap, latihan dan usaha beneran memang tidak akan menghianati, tapi yg paling susah itu kalo tpa yg kosa kata bahasa indonesia.. Kosa katanya asing banget buat kita.. Contohnya “jermal” hayo apaan itu artinya.. No googling ya

    Disukai oleh 1 orang

    • rizzaumami berkata:

      Haha udah kelihatan nilaiku yg paling jelek itu kemampuan verbal. Tp okelah aku coba jawab no google no kbbi. Jermal mungkin semacam kondisi permukaan yg kasar haha

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s