The Sunshine Blogger Award

Adalah penghargaan yang diberikan oleh bloger kepada bloger lain yang menginspirasi.

Bloger adalah istilah serapan untuk bahasa Indonesia dari kata blogger

Saya menulis tentang Sunshine Blogger Award ini setelah mas Desfortin dari Desfortin Menulis mencantumkan blog saya di daftar nominasinya. Saya merasa sangat terhormat karena mas Desfortin memilih blog saya. A big thanks for you!

Dengan dipilihnya blog ini sebagai nominasi Sunshine Award, secara resmi saya masuk dalam ‘rantai’ award ini. Kenapa saya sebut rantai? Karena setiap orang yang memperoleh penghargaan ini diharapkan berkenan untuk membuat penghargaan serupa kepada bloger lain. Begitu seterusnya tanpa jeda. Nah, siap-siap ya, mungkin kamu berikutnya. 🙂

Lantaran penasaran dengan seluk beluk award  ini saya sempat google dan menemukan postingan tertua (sejauh ini) yang menulis tentang Sunshine Award. Di situ tertulis tanggal pos 15 Juni 2012. Begitu saya ulang pencarian dengan filter tanggal yang lebih tua, 2011, saya tidak menemukan tentang Sunshine Award. Jadi bisa disimpulkan (untuk sementara) bahwa award ini dimulai sekitar tahun 2012 dan masih berjalan sampai sekarang, 2017.

Apa yang harus saya lakukan setelah menerima Sunshine Award ini?
1. Menerima penghargaan dengan mencantumkan link blog yang menominasikan
2. Menjawab 11 pertanyaan dari blog yang menominasikan
3. Menominasikan 11 blog baru untuk menerima penghargaan dan menuliskan 11 pertanyaan baru
4. Mencantumkan peraturan dan menampilkan banner Sunshine Blogger Award


Jawaban saya untuk pertanyaan dari Desfortin Menulis:

  1. Apakah bakat menulis itu memang ada, atau itu hanya omong kosong? Mohon alasan logisnya!
    Answer: Menulis adalah bakat. Sama seperti menggambar, menyanyi, atau menari. Saya sebut bakat karena sesuatu itu muncul semenjak kecil. Jika sewaktu kecil kita lebih sering membaca dibanding anak-anak lain seusia, berarti kita berbakat menulis. Bagi saya, kesukaan membaca sangat berkaitan dengan kesukaan menulis (yang akan muncul setelahnya). Karena orang tidak akan bisa menulis jika tidak suka membaca. Untuk keadaan di mana seseorang suka membaca tapi tidak suka menulis, itu kasus lain. Pertanyaan, khusus buat kamu yang suka menulis: ingat pertama kali saat kamu keranjingan membaca buku? Jawabannya: saat kamu masih bocah, kan?
  2. Mengapa Anda memilih blog gratisan di wordpress?
    Answer: Saya sudah pernah mengelola blog di blogspot, juga blog dengan domain personal, lalu wordpress ini. Dan akhirnya saya memutuskan untuk lebih memprioritaskan wordpress karena lebih mudah dari segi setting macam-macamnya, dan lebih ringan.
  3. Pilih mana, blog niche atau gado-gado? Mengapa?
    Answer: Blog niche dengan keyword review novel. Setidaknya itu yang masih saya perjuangkan hingga saat ini karena kenyataannya jumlah postingan antara remah-remah dengan review novel masih fifty-fifty.
    Kenapa niche? Blog dengan niche tertentu lebih mudah ditemukan oleh pembaca sehingga harapan saya untuk ambil peran dalam mempengaruhi selera baca novel orang Indonesia lebih mudah tersalurkan. Menulis blog dengan niche tertentu tidak begitu sulit. Terutama jika kita memilih niche yang sesuai dengan hobi.

    “Saya sangat menyukai membaca fiksi. Dan untuk melakukannya saya tidak perlu energi. Saya justru mendapat energi dengan melakukannya.”
  4. Sejauh mana pentingnya blogwalking dan saling komen untuk meningkatkan statistik blog Anda?
    Answer: Sebenarnya, bagi saya, yang paling memengaruhi statistik blog adalah konten posting itu sendiri. Blogwalking hanya menyumbang sekian views. Namun views adalah hal lain di samping blogwalking. Blogwalking sangat bermanfaat karena menjadikan saya memiliki teman di blogsphere. Di samping itu, saya sering terpikir, buat apa views banyak tapi sepi komentar? Okelah views adalah kepuasan tersendiri. Tapi interaksi dengan bloger lain adalah kepuasan bersama.
  5. Pernahkah Anda mengalami Writer’s Block dan bagaimana cara Anda mengatasinya?
    Answer: 
    Pernah. Saya tidak mau bilang cara ini patut untuk dibagi dengan orang lain karena caranya adalah tidak ada cara. Ketika WB itu muncul, jika waktunya malam dan sudah menjelang waktu tidur, saya mending tidur. Jika masih jam melek, saya memilih untuk meninggalkan tulisan itu untuk besok lalu melakukan hal lain karena menulis yang dipaksakan saat kondisi WB melanda, hasilnya tidak akan maksimal. Tulisan kita akan jelek (sejauh yang saya rasakan). Dan lagi-lagi kita harus merevisinya. Memang semua tulisan butuh editing, tapi tulisan dengan kualitas buruk butuh energi lebih untuk melakukan editing itu. Buat saya itu cukup menyita waktu.
  6. Apakah Anda aktif di media sosial dan mengapa? (Misalnya Fb, Tweeter, Instagram, Line dst). Kalau ada dan berkenan memberitahu, sebutkan!
    Answer:
    Facebook: Tidak begitu aktif. Susah mencari kesenangan di facebook. Tapi masih saya gunakan untuk keperluan tertentu saja.
    Twitter: Follow saya @Rezoum. Aktif, sebab informasi terpanas dimulai dari twitter.
    Instagram: Bolehlah @umamiasli. Aktif, sebab banyak gambar dan video yang memanjakan mata.
    LINE: Klik add di sini. Aktif, karena saya gunakan untuk baca berita atau terhubung dengan teman dengan nuansa yang tidak mendesak. Jikalau mendesak, lewat WA lebih oke.
  7. Bisakah Anda menyebutkan postingan blog Anda yang paling berarti bagi Anda dan mengapa?
    Answer:
    Yang pertama Review Novel BULAN karena itu adalah pos yang menyumbang visitor paling besar dari google. Yang kedua adalah Operasi Lepas Pen Tangan karena pos ini sepertinya telah membantu beberapa orang di luar sana yang awalnya ragu untuk operasi dan akhirnya memutuskan untuk operasi. Bahkan ada yang menghubungi saya secara pribadi untuk mengucapkan terima kasih karena sudah membantunya. Padahal saya tidak merasa telah membantu. Saya hanya mendorong apa yang sebenarnya sudah ada dalam dirinya dan apa yang sebaiknya dia lakukan.
  8. Apa mata pelajaran favorit atau yang paling Anda sukai ketika masih sekolah, dan alasan Anda menyukainya?
    Answer:
    Matematika karena saya tidak pernah mendapat nilai buruk di mata pelajaran tersebut sejak sekolah dasar, hahaha. Bahkan saya memperoleh nilai sempurna untuk Matematika di Ujian Nasional SMP (2008). Tapi anehnya, saya malah terperangkap di jurusan Kimia waktu kuliah.
  9. Apa arti guru bagi hidup Anda? Apakah Anda setuju kalau guru itu disebut pahlawan tanpa tanda jasa?
    Answer:
    Guru ibarat anak tangga. Mereka merelakan diri mereka untuk menjadi tumpuan bagi murid-muridnya menuju puncak kesuksesan. Dengan alasan tersebut, saya rasa tak berlebihan jika guru adalah pahlawan tanpa tanpa jasa.
  10. Apakah Anda punya musik atau lagu favorit? Seberapa sering Anda menikmatinya?
    Answer: 
    Sebenarnya lagu favorit saya menyesuaikan Top Billboard VEVO di Youtube. Jika lagu yang berada pada urutan atas emang sesuai, akan saya jadikan favorit. Jika tidak, saya akan berusaha mempertahankan lagu sebelumnya sambil menunggu para musisi dunia bekerja membuat lagu bagus untuk saya. hahaha.
    Sejujurnya, saya penggemar musik pop rock seperti The Script, OneRepublic, dan Coldplay. Tapi lagu yang paling sering saya putar akhir-akhir ini adalah Scared to be Lonely dari Martin Garrix dan Dua Lipa, dan By Your Side dari Jonas Blue dan RAYE.
  11. Apa saran atau pendapat Anda agar konsisten menulis?
    Answer: 
    Cari motivasi dengan membaca tulisan-tulisan yang sesuai dengan apa yang kita tulis. Jika kita sedang menulis fiksi romantis, bacalah novel romantis. Jika sedang menulis review produk, bacalah review yang ditulis orang lain. Jika sedang menulis laporan perjalanan, bacalah tulisan orang lain yang lebih expert di bidang tersebut. Ingat, bahkan seorang idola pun punya idola lain di hidupnya. Jika kamu merasa sudah ahli, berarti kamu berada di kamar yang salah.

Dan saya harap semua itu bisa menjawab pertanyaan dari mas Desfortin.


Berikut adalah 11 pertanyaan yang saya buat untuk daftar blog yang saya nominasikan di bawah. Ini tidak khusus. Ini juga untuk semua. Kalau kamu merasa tertantang menjawab sebagian atau seluruh pertanyaan ini, tulislah di komentar. I would really appreciate it.

  1. Book: Apa judul buku yang sedang kamu baca? Jika tidak sedang membaca, apa judul buku terakhir yang kamu baca?
  2. Movie: Apa judul film yang sedang kamu tunggu tayang di bioskop?
  3. Politic: Apa yang akan kamu lakukan jika menjadi bupati atau walikota di daerahmu? Sebutkan 3 hal!
  4. Sport: Kapan terakhir kali kamu berenang?
  5. Sport: MotoGP, sepak bola, atau badmintoon? Harus pilih salah satu. Tak usah dijelaskan alasannya. Tapi dijelaskan akan menambah nilai (ini kuis kuliah).
  6. Personal: Berapa ukuran sepatu kamu? Jelaskan alasannya!
  7. Personal: Apakah kamu punya kakak atau adik yang menyebalkan? Siapa namanya?
  8. Personal: Apa yang sering kamu tonton di Youtube?
  9. Food: Masakan apa yang menurut kamu akan sangat enak jika kamu yang memasaknya?
  10. Food: Makanan apa yang wajib dicoba semua orang?
  11. Food: Pilih makanan darat atau makanan laut? Kenapa?

Dan … nominasi The Sunshine Blogger Award saya serahkan kepada …

  1. Ardiologi
  2. Aqied
  3. Bartzap
  4. Dila
  5. Fasyaulia
  6. Febridwicahya
  7. Ice_tea
  8. Kunudhani
  9. Monda
  10. Winnymarlina
  11. YOU

Saya tulis sesuai urutan alfabet karena saya tidak bisa membuat parameter baku untuk semua blog dengan karakter yang berbeda-beda. Saya tidak menganjurkan teman-teman bloger yang saya pilih untuk merespons ini karena mungkin ada yang sudah beberapa kali menerimanya. You can easily ignore it, but I really appreciate it if you leave comment below just to make sure that you know your name was there.

Dan, yes! Nomor sebelas adalah kamu yang membaca ini. Saya tidak tahu apakah ini menyalahi aturan atau tidak karena saya tidak menemukan bagian ‘tentang hukuman’ jika saya melakukannya. Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya pada sang pembuat award ini, saya mempersilakan kalian untuk membuat pos serupa dengan mencantumkan link ke blog saya, hahaha!

Jujur saja, untuk memilih blog ke sebelas itu sangat susah. Makanya pelatih kesebelasan bayarannya mahal.

Iklan

38 thoughts on “The Sunshine Blogger Award

  1. Desfortin berkata:

    Haha…mksh mas Rizza. Akhirnya dijawab jg. Anda adlh org ketiga yg mnrina award “aneh” ini. Masih ada 1 org lg yg jnji mau jwab.

    Syukurlah klo Anda smpat traceback ttg SBA ini. Berarti klo smpe thn 2012, lumayan udah lma award ini ada. Tp itu klo yg pke B.Indonesia, bgmna dg yg pke bhs. Inggris?

    Skli lg ini award unik, sklipun Anda lnggar aturannya, Anda tak mnrima penalty appun. Contohnya, ktika Anda menominasikan 11 bloger baru, ykni bloger ke11, berarti itu tertuju lg pd sya, haha… tp maaf, krn sy jg brhak blh mnjawab blh tdk, jd untuk smntra 11 pertnyaan Anda itu biar dijawab sj oleh 10 bloger yg sdah Anda nominasikan.

    Trmksih skli lg mas Rizza atas partisipsinya.

    Disukai oleh 2 orang

  2. fasyaulia berkata:

    WOO WOO WOO ADA NAMA AKOOOH! *HEBOH* HAHAHA

    Pernah dapet beginian juga tahun 2012 pas awal2 ngeblog, tulisannya masih ada apa engga aku lupa (karena doyan ngapusin tulisan) wkk. Tapi kalao ada kesempatan, aku bakal nulis ini deh. Tengkyu Umamiiii udah dicolek buat nulis ini 😀

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s