Review Novel: Falling for You oleh Riris R. F.

gambar dari goodreads. sorry, enggak sempat foto, keburu balik ke posko.

gambar dari goodreads. sorry, enggak sempat foto, keburu balik ke posko.

Ini buku giveaway dari penulis I Found You in Natuna. Buku ini bercerita tentang percintaan remaja yang dilatarbelakangi oleh kekhawatiran ayah Citra (tokoh utama) lantaran harus ditinggal pergi selama setahun untuk tugas di luar daerah.

Ini genre teenlit (banget). Kejadiannya emang konyol dan kadang harus tidak masuk akal. Citra hidup bersama ayahnya saja, ibunya sudah meninggal. Saat itu kenaikan kelas tiga. Ayahnya menawarkan Citra untuk tinggal bersama teman satu instansinya di Pekalongan, sementara rumah mereka sendiri di Jogja. Sekalian dijodohkan bahkan ditunangkan dengan anak temannya yang bernama Arza (si cowok bengis, kaku, nakal, dan kejam).

Judul: Falling for You
Penulis: Riris R. F.
Halaman: 186
Penerbit: Bentang Belia, 2012 (cetakan kedua)
Rating: 2 dari saya. Di goodreads sekarang 3.12, rata-rata dari 48 ratings.
Harga: Rp34.000

Lucunya, keluarga Citra yang lain tidak ada yang tinggal di Indonesia, semuanya di luar negeri (kalau ini sih jalan pintas penulis biar Citra tetep ditinggal papanya). Akhirnya Citra tinggal serumah dengan Arza, papa Arza (Aba), dan Mbok Ijah (pembantu keluarga Arza). Ini juga aneh lagi, ibunya Arza sudah meninggal sewaktu anaknya berusia 9. Kok, ya, gampang sekali bikin orang-orang meninggal. Atau jangan-jangan emang penulis enggan memunculkan peran ibu dalam ceritanya biar tidak pusing bagaimana mengatur jalan cerita? Semakin sedikit tokoh, semakin mudah dikendalikan, bukan?

Selanjutnya terjadilah lika-liku itu, dari yang semula Citra tidak membayangkan akan bertunangan dan menyukai Arza hingga akhirnya ia cinta mati sama Arza meski si cowok itu tetap ketus. Dan menyenangkannya, Citra suka dengan sikap itu.

Saya sempat bertanya, genre teen emang harus lebay gitu, ya? -_- Yang saya temui beberapa memang lebay tokoh utamanya, seperti yang ada di novel 4R punya Orizuka. Namun, tokoh-tokoh dalam novel Falling for You ini bener-bener kelewatan lebaynya. Ada adegan pukul-pukulan yang sudah dianggap lumrah, ceweknya nonton tenang-tenang aja, padahal berantem itu ada jiwa pembunuh yang sedang bergejolak (eh). Lalu, baru saja masuk rumah sakit gara-gara dipukulin, tiba-tiba keluar ikut tawuran lagi dan MENANG! Padahal sih, katanya tangan sama kaki diperban. Lucu, deh.

Semestinya saya memaklumi kejadian-kejadian itu sebab buku ini genre teenlit, ya? Tentu saja saya memaklumi. Dan tentu saja masih ada hubungannya dengan selera pembaca. Namun, yang sekarang masih saya sesalkan, kenapa penulis suka sekali menggunakan … (elipse) !!!! (4 tanda seru)? (Lalu tiba-tiba, “Ah mungkin bagi penulis itu adalah style nya”)

Saya tidak bilang buku ini buruk. Hanya saja, segmen buku ini bukan saya. :). Bagaimana? Ada yang suka teenlit? Share your thoughts!

Iklan

18 thoughts on “Review Novel: Falling for You oleh Riris R. F.

  1. Gara berkata:

    Hm, tanda seru berderet-deret itu semestinya harus di-kick editor ya. Agak aneh juga, seingat saya dulu pas riset kirim naskah, naskah-naskah dengan tanda baca berlebihan seperti itu sudah disisihkan sejak awal, tapi ah entahlah :hehe
    Tapi kalau sakit terus tawuran dan menang itu memang logical fallacy sih… :bingung
    Hihihi.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s